Akhirussanah; Evaluasi Setahun Program Darul Falah Be-Songo

SEMARANG- Sebagai agenda penting tahunan, pondok pesantren (ponpes) Darul Falah Be-Songo mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka Akhirussanah tahun 2014. Pembukaan Akhirussanah ini dilaksanakan pada hari Sabtu (24/05) di aula asrama B9. Dengan diikuti oleh seluruh santri dari lima asrama, yaitu B9, A7, C9, B5, dan B17, pembukaan berlangsung dari jam 08.00 sampai 09.45. Meski Abah Imam Taufiq, M.Ag dan Abah Mukhyar Fanani berhalangan hadir, tapi acara ini berlangsung lancar. Pembukaan kegiatan Akhirussanah ini dipimpin oleh Ummi Arikhah dengan ditandai pemukulan gong sebanyak tiga kali.

Dalam sambutannya, ketua panitia Imroatus Solihah mengatakan bahwa Kegiatan Akhirussanah ini merupakan evaluasi kegiatan pesantren selama setahun. Selama sebulan penuh, khususnya pada hari libur kuliah, seluruh santri diwajibkan mengikuti seluruh kegiatan perlombaan yang telah disepakati oleh panitia dan pengasuh. Perlombaan tersebut tidak semata-mata untuk merayakan akhir tahun menjelang liburan. Tapi juga sebagai ajang dalam uji kemampuan setiap santri.

Perlombaan-perlombaan tersebut berkaitan dengan seluruh kegiatan yang diprogramkan pesantren. Misalnya, pidato empat bahasa (Indonesia, Arab, Inggris dan Jawa) dan story telling bahasa Arab dan Inggris merupakan aktualisasi dari program bahasa dan halaqoh setiap malam Rabu. Juga lomba-lomba yang lain seperti keterampilan, qiro’atul kutub, hafalan, tilawah, barzanji, senam dan rangking satu yang berganti nama menjadi Dafa Pintar. Beberapa perlombaan baru dari tahun sebelumnya juga diadakan seperti membuat nasi tumpeng, hijabers, story telling dan menulis artikel dan cerpen.

Dalam sambutannya, Ummi Arikhah menyampaikan bahwa kegiatan Akhirussanah kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun 2013, Akhirussanah hanya diikuti oleh empat asrama putri, namun Akhirussanah kali ini diikuti oleh lima asrama dengan kelamin berbeda, yaitu dari asrama B17 yang merupakan asrama putra PKU (Pelatihan Kader Ulama). Diharapkan seluruh rangkaian kegiatan Akhirussanah dapat berjalan dengan baik dan memberi manfa’at bagi semuanya.

Baca juga :  Belum Berakhir, Pascalib Diisi Pelatihan Jurnalistik

Pukul 09.45 WIB, pembukaan Akhirussanah 2014 selesai. Asrama B9 kemudian berganti menjadi panggung acara perlombaan Hijabers bertajuk model muslimah. Sekitar pukul 10.00 sampai 12.00 WIB pelombaan yang diikuti oleh tujuh santri perwakilan masing-masing asrama ini berjalan lancar. Setiap peserta tidak hanya dinilai dari kecantikan dan kekreatifan busana, tapi juga dari kesopanan. Seperti halnya pemilihan ratu kecantikan yang ada di Indonesia dan dunia, pemilihan Miss Dafa juga diuji dalam hal pengetahuan, tidak hanya pengetahuan umum, tapi juga pengetahuan agama dan akhlak.

Rangkaian kegiatan Akhirussanah ini akan berlangsung sampai tanggal 15 Juni 2014 dengan konservasi lingkungan. Kemudian sebagai penutup, juga merupakan peringatan wisudawati santri, ponpes Darul Falah Be-Songo mengadakan malam puncak Akhirussanah pada tanggal 20 Juni 2014. Kegiatan tahunan ini diharapkan mampu memberi motivasi baru dan penyemangat dalam belajar bagi seluruh pelajar dan santri pada umumnya, dan santri ponpes Darul Falah Be-Songo khususnya.

(Umu Habibah)

%d blogger menyukai ini: