Semarak Uji Masuk Besongo

HARAP TENANG ADA UJIAN ! Itulah peringatan sekaligus pemberitahuan bahwa telah berlangsung ujian seleksi Penerimaan Santri Baru (PSB) PP. Darul Falah Be-songo 2015, Selasa (18/8). Total keseluruhan calon santri yang mendaftar adalah 187 orang. Angka tersebut cukup mengejutkan sekaligus membuat panitia kebingungan. Karena dari sekian banyak yang mendaftar, PP. Darul Falah Be-songo hanya menyediakan 40 kuota untuk calon santri yang lolos seleksi.

Pelaksanaan Tes PSB dibagi menjadi empat ruangan yang terpisah, yakni Madin Raudlatul Jannah, Asrama B9, dan Asrama A7, dan Asrama B5, dengan kuota yang berbeda di setiap ruangan. Hal ini dikarenakan tidak ada satu ruangan yang dapat menampung seluruh pendaftar tersebut. Para calon santri diharuskan memasuki ruangan pukul 06.45 WIB, 15 menit sebelum tes dimulai. Sebelum tes dimulai, panitia, yang diprakarsai oleh Jamalatun Safitri, akan menjelaskan tentang peraturan dan sistem pelaksanaan Tes PSB 2015.

Tes PSB dibagi menjadi dua bagian, yakni Tes Tertulis dan Tes Lisan. Tes Lisan bercabang menjadi dua bagian, yakni Tes Lisan Keagamaan dan Tes Lisan Psikotes. Kriteria dari Tes Tertulis meliputi Ke-NU-an dan Fiqh, Tes Lisan Keagamaan meliputi tradisi ke-NU-an seperti doa qunut, nariyah, dan iftitah), Tes Lisan Psikotes meliputi aspek motivasi, aspek Ke-NU-an, dan aspek prestasi.

Seleksi atau penyaringan calon santri tahun ini memang tidak bisa dianggap mudah bahkan lebih ketat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Mengingat bahwa Pengasuh PP. Darul Falah Be-songo, Abah Imam Taufiq, menginginkan santri-satri yang lolos tes PSB adalah santri-santri yang berkualitas tinggi.

Tes Lisan Keagamaan mendatangkan 18 penguji, yakni Ustdzah I’anah, Ustadzah Dewita, kakak senior, dan panitia PSB. Sedangakn untuk Tes Lisan Psikotes, 10 penguji diantaranya yaitu Ustad Akmal, Ustad Ulum, Ustad Anam, Ustdzah I’anah, Ustadzah Dewita, Mbak Hanita (Ketua Umum Dafa Be-songo), dan kakak senior.

Baca juga :  LPJ Peringatan HSN 2019 Resmi Diterima

Kawan-kawan panitia PSB telah bekerjasama dengan baik demi kelancaran Tes PSB 2015. Diharapkan calon santri yang tersaring adalah santri yang berkualitas dan bertanggungjawab serta mampu untuk menjaga nama baik PP. Darul Falah Be-songo.

%d blogger menyukai ini: