Kunjungan Dafa Be-Songo ke Panti Asuhan Darul Hikmah; Berbagi Keberkahan di Bulan Maulid

https://fbcdn-photos-h-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xap1/v/t1.0-0/p370x247/

NGALIYAN – Dalam rangka menyemarakkan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW pada bulan maulid/Rabi’ul Awal ini, Pondok Pesantren Darul Falah Be-Songo mengadakan kunjungan ke sebuah panti asuhan yang terletak di Kabupaten Kendal. Kegiatan yang bernama bakti sosial atau disingkat baksos ini bertujuan untuk menanamkan dan mengimplementasikan nilai-nilai keislaman santri dalam hidup bersosial serta sebagai latihan berbagi kepada sesama sebagaimana yang penah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan membawa sekitar 10 bungkusan kardus bersampulkan kertas cokelat untuk disumbangkan ke panti, sebuah minibus mengantarkan kurang lebih 25 santri putra dan putri menuju lokasi yang berada di Desa Salam Sari Kecamatan Boja.

Tiba di tempat tujuan, kedatangan santri Darul Falah Be-Songo disambut dengan seni musik islami (rebana) yang dimainkan oleh anak-anak panti. Dari panitia baksos menyuguhkan serangkaian acara baksos yang terlaksana sederhana di aula Panti Asuhan Darul Hikmah pada Minggu (20/12).

Selanjutnya, acara dibuka oleh Nur Qomarur Rohmah sebagai pembawa acara baksos. Rangkaian acara pada pagi hari itu diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci al-Quran yang di lantunkan oleh Naqodim, salah satu delegasi santri putra Dafa Be-Songo. Kemudian disusul dengan sambutan pengasuh yayasan, Hj. Badriyah. Dalam sambutannya, wanita berkaca mata ini mengucapkan selamat datang atas kehadiran santri Dafa Be-Songo dan mengharapkan kedatangan mereka mampu menginspirasi segenap adek-adek panti.

“Semoga kedatangan panjenegannipun, anak-anak bisa terbimbing, terdidik, dan terlatih untuk jihad fisabilillah serta semangat untuk mecari ilmu agama dan ilmu umum supaya menjadi generasi penerus yang beriman dan bertakwa”, tegas Hj. Badriyah.

Kemudian disambung sambutan dari Ustadz Kharis, sebagai perwakilan pengasuh Ponpes Dafa Be-Songo, Abah Imam Taufiq, yang tidak bisa ikut serta mendampingi acara baksos. Ustadz Kharis menyampaikan maksud dari kedatangan para santri Dafa Be-Songo, bahwa kegiatan sosial tersebut dalam rangka menyambut hari besar Islam yaitu kelahiran Nabi Muhammad SAW. Lelaki berpostur tinggi ini berharap semoga kegiatan rutinan yang digalakkan oleh santri Darul Falah menjadi ibadah, yaitu ibadah sosial yang bisa memberikan berkah kepada santri Darul Falah Be-Songo dalam menuntut ilmu.

Baca juga :  Pengasuh Sebagai Pengemban Amanah Orang Tua

“Kegiatan bakti sosial niki minangko hormat dateng kanjeng nabi, mugi-mugi acara niki saget lumeber berkahipun angenipun para santri tholabul ilmi manfaat dunia dan akhirat”, tutur Ustad Haris.

Menyanjung Nabi Muhammad dengan membaca kitab al-Barzanjiy merupakan acara yang ditunggu-tunggu. Lantunan demi lantunan sholawat kepada Nabi SAW semakin menyemarakkan aula Panti Asuhan Darul Hikmah. Pembacaan kisah kehidupan Nabi dalam kitab al-Barzanjiy itu dipimpin oleh segenap santri putra Darul Falah Be-Songo. Hingga pada puncaknya, acara ditutup dengan doa yang dipimpin langsung oleh Ustad Kharis. Untuk mengabadikan momen singkat itu, peserta baksos baik dari santri Darul Falah Be-Songo maupun anak-anak panti asuhan melakukan foto bersama di halaman panti asuhan.

(Oleh: Riska Muyassaroh)

%d blogger menyukai ini: