UPGRADING, Menjadi Pemimpin yang Bertanggung Jawab

NGALIYAN – Memasuki hari ketiga pascalib, kegiatan “Upgrading” dilaksanakan pada Selasa (23/02) di asrama B9 Pondok Pesantren Darul Falah Be-Songo Semarang. Kegiatan sesi kedua ini hanya diikuti oleh para pengurus. Dengan mempercayakan Bapak Jamal sebagai narasumber, acara pada siang hari ini berlangsung hikmat dan lancar.

Beliau menyampaikan, materi Upgrading wajib diikuti oleh semua pengurus. Hal ini bertujuan untuk menciptakan rasa tanggung jawab terhadap amanah yang dipercayakan, baik dalam memimpin, membangun kemandirian, maupun meningkatkan kesadaran. Disamping itu, pentingnya upgrading bagi pengurus adalah untuk meningkatkan efektifitas kepengurusan, memperbanyak jaringan, serta dapat memotivasi diri untuk lebih semangat dan menyemangati warga, khusunya para santri.

Supaya tidak terlihat monoton dalam menyampaikan materi, beliau membuat pelatihan upgrading dengan model sharing. Para peserta boleh menyampaikan keluhan-keluhan atau masalah-masalah yang sedang dihadapi kepadanya. Setelah semua tersampaikan, baru kemudian pak Jamal memberikan motivasi dan solusi. Sekretaris HIPSI (Himpunan Pengusaha Santri Indonesia) itu  juga menyampaikan pengalaman-pengalaman pribadi beliau supaya audiens termotivasi dan lebih siap lagi ketika terjun ke masyarakat, utamanya para santri sebagai anggota pondok.

Pelatihan Upgrading ini dapat melatih peserta untuk lebih aktif dan kreatif dalam kegiatan apapun, tambahnya. Bukan untuk mencari tujuan akhir, tapi alangkah baiknya apabila dapat merasakan bahwa semuanya akan melalui proses. Pembicara yang profesional juga mengajak peserta untuk lebih menyiapkan diri sebelum menyiapkan orang lain untuk melatih mental dan kecakapan untuk maju dan bangkit.

(Hilvi/kom.)

Baca juga :  PASCALIB #4 : Fiqih Nisa’, Seorang Laki – Laki Sebaiknya Mengetahui
%d blogger menyukai ini: