Akhirussanah, Membangun Keakraban dan Kekompakan Santri dengan Outbound

Rangkaian kegiatan lomba akhirussanah Pondok Pesantren Darul Falah Be-Songo telah berlangsung sejak awal bulan Mei, hari ini Sabtu, 21 Mei 2014 santriwan dan santriwati melanjutkan agenda yaitu Out Bond yang dilaksanakan di lapangan Perumahan Bank Niaga, Ngalian Semarang pukul 08.00 WIB samapai selesai. Outbond ini diikuti oleh 12 kelompok yang semuanya adalah santriwan dan santriwati Darul Falah. Macam-macam permainan pada out bond diantaranya adalah  bakiyak, estafet balon dan karet dan estafer air.

Jenis permainan yang pertama di mainkan adalah  bakiyak, peraturan permainan ini adalah setiap kelompok mendelegasikan 6 anggota dari kelompoknya untuk bermain dengan memakai bakiyak yang di desain untuk 3 orang dalam 1 pasang bakiyak. Permainan ini membutuhkan kekompakan dalam langkah untuk berjalan sehingga menimbulkan antusias dan semangat para peserta dan juga penonton yang bersorak menyemangati dalam permainan bakiyak ini. Dan permainan ini di menangkan oleh kelompok hitam yang beranggotakan santri putra setelah melawan 11 kelompok lain.

Setelah selesai permainan bakiyak dilanjutkan jenis permainan ke dua yaitu estafet balon dan karet. Permainan ini dimulai dengan berjalan bersama balon yang diapit oleh 2 orang menggunakan kepalanya dan  membawa 1 bendera yang kemudian dilanjtukan estafet karet yang di bawa dengan menggunakan sedotan yang dipegang menggunakan mulut dan dilakukan secara berantai atau estafet yang kemudian berakhir dengan memasukan bendera ke depan area start. Permainan ini dimenangkan oleh kelompok biru dongker setelah melawan 11 kelompok lainnya dengan berberapa babak penyisihan.

Semangat dan antusias para santiwan dan santriwati tidak nampak pudar saat itu, mereka menanti permainan terakhir yaitu estafet air. Permainan ini membutuhkan keterampilan yang baik dalam memasukan air pada gelas plastik yang kemudian dituangkan secara estafet dian berakhir ember. Jika tidak air akan membasahi kepala bahkan pakaian yang dikenakan seperti pada beberapa kelompok peserta yang bermain dalam permainani ini. Permainan ini diikuti 12 kelompok yang beranggotan 6 orang dalam setiap kelompoknya. Pemenang dari permainan estafet air ini adalah kelompok biru dongker yang dapat mengumpulkan jumlah air yang paling banyak dari 11 kelompok lainnya setelah melewati banyak babak penyisihan.

Baca juga :  PASCALIB #6 : Skripsi, Agenda Baru sebagai Ikhtiar Lulus Tepat Waktu

Kegiatan ini selesai pada pukul 11.30 WIB yang diakhiri dengan penyerahan hadiah pada kelompok-kelompok yang berhasil menjadi pemenang dalam permainan outbond yaitu kelompok biru dongker sebagai pemenang dari 2 jenis permainan estafet air dan estafet  karet dan kelompok hitam santri putra yang memenangkan permainan bakiyak.

Kegiatan ini sangat bermanfaat yang salah satunya yaitu mempererat keakraban dan kekompakan antar santri.

 

By Atiqoh B9

%d blogger menyukai ini: