Hari Keempat Pascalib: Menanggulangi Ujaran Kebencian di Media Sosial

BESONGO NEWS – Semarang (24/2). Kegiatan Pascalib Pondok Pesantren Darul Falah Besongo memasuki hari keempat. Agenda pasca liburan pada hari ini diisi dengan pelatihan Peran Media Sosial dalam Menanggulangi Hate speech (ujaran kebencian) dan Kekerasan.
Kegiatan ini dilaksanakan di asrama B9 yang diikuti oleh seluruh santri, baik santri putra maupun santri putri. Narasumber yang didatangkan dari KPI Jawa Tengah, yaitu M. Rofi’uddin M.I.Kom, yang begitu antusias dan bersemangat dalam menyampaikan materi mengenai permasalahan dalam media sosial dan cara bagaimana kita menyikapi masalah masalah tersebut.

Pelatihan Peran Media Sosial dalam Menanggulangi Hate speech dan Kekerasan, kegiatan ini dimulai sekitar pukul 14.30 sampai pukul 16.00. Bukan hanya penyampaian materi, dalam kesempatan kali ini pemateri juga mengadakan diskusi interaktif dengan para santri yang masih menyimpan beberapa pertanyaan dan rasa keingintahuan mereka.

Dipenghujung acara, Fatimatuzzahrotul Aini selaku moderator menyampaikan kesimpulan dari materi kali ini, yang antara lain mengenai perkembangan media di Indonesia, macam-macam berita dan yang paling penting bagaimana tips untuk mengonsumsi media. Berikut tips mengonsumsi media, antara lain: kendalikan emosi, hati-hati dengan judul yang provokatif, jangan terkecoh dengan judul, telusuri sumber dan penulisnya, serta cek tanggal berita dan berita sejenis dari sumber yang berbeda. (Gayuh/red).

Baca juga :  Warna Baru Jurnalistik Be-Songo

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: