Konservasi Lingkungan, Wujud Kepedulian dan Kekeluargaan Santri Besongo Semarang

IMG_20181209_165133

Gambar : Santri putra besongo sedang membabat rumput, (9/12) di area perumahan bank niaga

Besongo News – Ngaliyan, Santri Pondok Pesantren Darul Falah Besongo melatih rasa kepedulian dan kebersamaan melalui kegiatan Konservasi Lingkungan. Kegiatan yang dilaksanakan di Perumahan Bank Niaga, Kecamatan Ngaliyan, Semarang pada hari Minggu (09/12) ini merupakan salah satu program rutin satu semester sekali Pondok Pesantren Darul Falah Besongo dan wujud bakti santri terhadap lingkungan pondok pesantren yang berada ditengah-tengah perumahan warga.

Sesuai arahan, para koordinator tiap kelompok konservasi yang beberapa hari sebelumnya telah ditentukan, santri melakukan konservasi dengan membersihkan sepanjang jalan Perumahan Bank Niaga, membersihkan Madrasah Diniyah dan Musholla Raudlatul Jannah serta membersihkan saluran-saluran air. Selain itu para santri juga melakukan penghijauan di lingkungan Bank Niaga. Rangkaian kegiatan ini mendapat respon baik dari warga sekitar terbukti dengan adanya pemberian ‘tanaman donasi’ kepada santri.

IMG_20181209_165122

Gambar : Santri putri besongo sedang membabat rumput, (9/12) di area perumahan bank niaga

Muhammad Faiq Azmi selaku Lurah Pondok Pesantren Darul Falah Besongo mengatakan bahwa kegiatan konservasi yang dilaksanakan pada weekend kali ini dikemas untuk membangkitkan rasa kepedulian santri terhadap lingkungan sekitarnya.

“Semoga dengan kegiatan seperti ini bisa membantu membangkitkan rasa kepedulian santri, peduli terhadap lingkungan, sekaligus belajar untuk gotong royong, dan bekerja sama bareng-bareng,” tambahnya.

Setelah usai melakukan pembersihan dan penghijauan di lingkungan perumahan, santri menggelar acara makan bersama di Lapangan Utama Perumahan Bank Niaga. Walaupun hanya berupa suguhan makanan sederhana yang disiapkan oleh para santri putri, namun tidak mengurangi rasa nikmat yang mereka rasakan dan bahkan menambah kekeluargaan dan solidaritas.

“Setelah kami selesai melakukan konservasi kemudian makan bersama seperti ini dapat menambah rasa kekeluargaan dan solidaritas kita sebagai santri Besongo, walaupun makanan nya sederhana tetapi nikmat nya terasa karena kebersamaan.”, ucap Elvi Hasanah, seorang santri asrama B-5 sembari menyunggingkan sebuah senyum.

Baca juga :  Ngaji Vlog sebagai Media Dakwah

Kegiatan berjalan dengan lancar, semua santri kembali ke asrama masing-masig untuk melanjutkan aktifitas. Diharapkan dengan adanya kegiatan konservasi lingkungan, dapat membangun kedekatan baik antar santri, masyarakat, maupun lingkungan. (Rahma – red/izza)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: