Keceriaan Tahun Baru ala Santri Besongo

WhatsApp Image 2019-01-01 at 14.01.21

Gambar : Keseruan santri ketika melakukan outbound koin tepung, (1/19) di lapangan Ushuludin

Besongo News – Ngaliyan, (1/19). Santri Besongo mengawali tahun baru dengan cara nyentrik. Santri besongo berkumpul di lapangan sejak matahari mulai menampakkan diri dan membuka pagi di tahun baru dengan melaksanakan kegiatan tahun baru ceria atau singkatnya TBC yang diselenggarakan oleh pengurus devisi kesenian dan olahraga. Tahun Baru Ceria ini merupakan reword dari Ahad Ceria yang biasa diselenggarakan satu kali dalam satu semester. Abah Imam Taufiq, pengasuh Pondok Pesantren Besongo ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Beliau menuturkan “Saya ingin merasakan awal tahun baru bersama para santri, yang hingga saat ini masih di pondok,” tutur beliau ketika membuka acara.

Kegiatan ini sudahdikonsep dan direncanakan jauh – jauh hari, sebagai pengganti kegiatan rutin pada hari ahad yang biasa diisi dengan senam bersama dan conversation atau muhadatsah.Tujuan diadakan kegiatan tahun baru ceria ini yakni, sebagai ladang pengakrabkan antar santri, memupuk kekompakan dan kekeluargaan santri besongo, serta sebagai wadah evaluasi bahasa para santri.Semua jajaran santri, mulai dari santri baru hingga santri lama serta pengurus besongo turut serta memainkan gamesyang diadakan.

Keceriaan pada momen tahun baru ini dimulai dengan senam bersama, kemudian dilanjut dengan gamesseru dan menarik. Keceriaan sertakemeriahan pada selasa pagi initak hanya menguji kekompakan santri namun juga sebagai bahan evaluasi materi bahasa yang setiap minggunya telah dihafal santri. Estafet sarung, estafet koin bertepung dan estafet air yang dilakukan kelompok santri berjalan lancar dan menyenangkan, terlihat dari antusias santri untuk mengikuti tiga games yang tersedia.Desain kegiatan di awal tahun baru ini menjadi wadah rekreasi dan hiburan para santri di sela deretan imtihan pondok dan ujian akhir semester yang mereka laksanakan.

Baca juga :  Ngaji Vlog sebagai Media Dakwah

“adanya momen tahun baru ceria menurut saya, menjadikan kebersamaan setiap santri semakin kuat meski disela – sela kesibukannya. Dengan adanya games ini, meengajarkan kerjasama dan kekompakaan. Saya sangat terhibur setelah melewati beberapa fase melelahkan dari banyaknya tugas. Semoga ditahun berikutnya kegiatan seperti ini bisa terlaksana kembali sesekali hiburan para santri,” Ungkap Rahma, salah satu santri asrama B9.

Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini keakraban dan kekeluargaan santri terjalin kuat serta memberi semangat tinggi untuk meningkatkan kemampuan bahasa yang dimiliki santri. (Isna – red/izza)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: