Rasyida; Santriwati Besongo Ikuti Exchange SDGs di India

IMG-20190207-WA0022

Gambar : Rosyida ( krudung biru ) sedang menikmati makan bersama teman-temannya, (4/2) di India

Besongo News – Salah satu santriwati pondok pesantren Darul Falah Besongo Semarang bernama lengkap Rasyida Rifa’ati Husna berhasil lolos dalam seleksi exchange participants dalam global volunteer di Chennai, India. Satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang tergabung dalam AISEC (Association for the International Exchange of Student in Economics and Commerce) ini terpilih menjadi partisipan dalam social project di bidang kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Di sisi lain, santri baru angkatan 2018 ini berkontribusi dalam 2 dari 17 SDGs (Sustainable Development Goals) pada tahun 2030 yang dirancang oleh anggota PBB.

Kegiatan yang diikuti oleh para peserta dari berbagai negara itu sudah berlangsung sejak tanggal 21 Januari hingga pertengahan bulan Maret 2019. Pengalam ini merupakan kali pertama yang sedang ditempuh oleh Rasyida di kancah International.

“Awalnya sempat takut tapi dicoba untuk diberanikan saja. Kemudian ternyata disini banyak bertemu para peserta dari negara lain,misalnya: Austria, Spanyol, Hongkong, Rusia, Belgia, Cina dan masih banyak lagi”, Ujar santriwati Asrama B5 saat di wawancarai Via Whatsapp.

Menurut pengamatannya, salah satu kegiatan yang menarik dari progam tersebut adalah bagaimana cara para partisipan untuk menyebarkan kepekaan sosial satu sama lain. Karena mereka berkumpul dari berbagai macam latar belakang agama yang berbeda-beda.

“Program ini membangun pribadi untuk mencapai potensi diri yang tinggi, mengembangkan potensi diri, menjadi berguna untuk orang lain dan menebarkan timbal balik yang positif kepada orang lain. Jadi, kita dilatih sabar, ulet, bergaul, apalagi kebanyakan orang non-Muslim.” Tegas santriwati kelahiran Ponorogo, Jawa Timur. (Rizal/ziya_red-Ay)

Baca juga :  Halaqoh Akbar di Penghujung Tahun

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: