PASCALIB #7 : Pelatihan Pembuatan RAB, Latih Transparansi dan Efisiensi

IMG-20190227-WA0060

Gambar : Umi Arikhah (Krudung Kuning) ketika menyampaikan materi tentang RAB, (26/2) di Musholla Raudlotul Jannah

Besongo News – Ngaliyan (26/2). Ratusan santriwan santriwati pondok Darul Falah Besongo terlihat memadati area Musholla Roudhotul Jannah guna mengikuti pelatihan pembuatan Rencana Anggaran Belanja (RAB). Arini, selaku moderator membuka acara tepat pukul 13.30 WIB dengan membacakan Curiculum Vitae (CV) dari Narasumber.

Umi Arikhah, begitu santri menyapa, sebagai narasumber membagi audiens menjadi beberapa kelompok dengan menunjuk satu orang sebagai tutor. Masing-masing kelompok diberi tugas untuk membuat RAB sesuai tema kegiatan yang telah ditentukan. Diberi waktu 15 menit, seluruh peserta sibuk menyelesaikan tugas sebelum nantinya akan dijelaskan materi lebih lanjut sekaligus pengaplikasiannya.

Selama 90 menit, pemateri menjelaskan secara rinci seputar aplikasi Excel serta bagaimana cara mengoperasikannya.

“Perlu diketahui, Excel itu tidak hanya digunakan untuk mengetik saja. Penggunaan Excel mencakup rencana kegiatan meliputi bidang sekolah, rumah tangga, dan lain-lain. Oleh karena itu, perlu menentukan project dan kebutuhan apa saja yang dikehendaki,” papar pengasuh pondok Darul Falah.

Selain itu, narasumber yang merupakan dosen Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) Universitas Negeri Islam (UIN) Walisongo juga menjelaskan keuntungan menggunakan aplikasi Excel ialah melatih transparansi dan segala sesuatunya menjadi lebih efisien.

“Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengoperasikan aplikasi berbasis angka ini adalah merincikan kebutuhan sesuai kategori agar tidak membingungkan. Kebutuhan yang dirasa besar perlu didahulukan. Yang terpenting, munculnya angka harus ada asal-usulnya,” jelas umi Arikhah ketika mendapat pertanyaan dari audiens mengenai rincian RAB dengan realisasi apakah jumlah akhir harus nol atau tidak.

Manfaat dari pelatihan ini sangat dirasakan oleh banyak santri. Selain untuk mengelola dana agar bisa teratur, peserta menjadi lebih tahu bagaimana cara menggunakan Excel.

Baca juga :  Akhirussanah, Kreasi Memasak dan Evaluasi Tahfidz Dafa Be-Songo

“Pelatihan RAB sangat bermanfaat, terutama bagi yang awalnya tidak tahu apa-apa mengenai Excel, menjadi tahu setelah narasumber menjelaskan. Kita jadi bisa merancang dana ketika ingin mengadakan kegiatan, contohnya saja di kegiatan pernikahan,” ucap Rahayu, mahasiswi semester dua prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. (Zy_red)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: