Seminar Parenting; Strategi Mengenal Karakter Anak

SP

Gambar : Narasumber Lucky Ade Sessiani sedang menyampaikan materi tentang strategi mendidik anak

Besongo News – Ngaliyan. “Hak asasi seorang anak terlindungi dari segala bentuk perlakuan yang tidak wajar dan kekerasan. Untuk membentuk anak-anak yang menenangkan hati, sebagai orang tua harus mengenal karakter anak terlebih dahulu.”

Hal tersebut disampaikan Lucky Ade Sessiani, dosen Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang dalam Seminar Parenting di Pesantren Darul Falah Besongo pada Ahad (16/6).

Peran keluarga sebagai penenang hati, khususnya bagi anak-anak, begitu juga sebaliknya. Salah satu bentuk yang menenangkan hati yaitu memiliki anak soleh-solehah, cerdas, dan rajin.

“Agar menjadi anak bahagia, berikan hak mereka untuk bermain. Bentuk permainan yang tepat untuk anak diantaranya permainan sensorik-motorik atau fisik, permainan pura-pura atau simbolis, permainan sosial, permainan konstruktif, dan games. Selain itu, untuk menciptakan anak mandiri dan berkembang sesuai potensi, orang tua harus kenali karakter, bakat, dan berikan kesempatan mengeksplorasi yang ia sukai,” lanjutnya.

Lucky juga menjelaskan bahwa tolok ukur dalam mengenali karakter anak diantaranya melalui ciri utama, hal yang dibutuhkan, realita, serta ekspektasi. Namun, setiap anak memiliki ciri utama dan kebutuhan yang berbeda-beda sesuai dengan karakternya.

Oleh karena itu, jangan mengekang anak agar mereka bisa mengeksplorasi hal yang disukai. Dalam menasehati pun sebaiknya menghindari kata “jangan.”

“Menurut para ahli, kata “jangan” dapat membuat anak ragu melangkah. Selain itu, anak cenderung mendengarkan kata yang terakhir diucapkan. Alternatif yang dapat dilakukan orang tua yakni mengganti kata “jangan” dengan kata yang lebih baik. Contohnya, “jangan teriak” bisa diganti dengan nasehat “Ibu dapat mendengarkan suaramu, sayang. Coba kecilkan suaramu.” Hal tersebut akan lebih bijak dilakukan,” jelas Lucky menjabarkan secara rinci. (QAy/red)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: