Pelatihan Proposal: Faham Teknik Lobbying Dan Audiensi

Nafis Ghifary ketika menyampaikan jenis-jenis proposal
Nafis Ghifary ketika menyampaikan jenis-jenis proposal

 

Pondok pesantren Darul falah Besongo adakan pelatihan proposal kegiatan (sponsorship) pada Kamis (24/01/2020) pukul 13.30 sampai 15.00 WIB. Pelatihan yang wajib di ikuti seluruh santri kelas 1 dan 2, pelaksanaan di mushola raudhatul jannah, dengan mengusung materi tentang cara pembuatan proposal sponsorship dan teknik lobbiying serta audiensi oleh pemateri Nafis Ghifary yang pernah menjabat sebagai koordinator ForSHEI Jawa tengah.

Menurut pemuda yang biasa disapa ghifary ini, sebagai mahasiswa pasti tidak akan terlepas dari suatu kegiatan entah itu workshop, seminar, maupun kegiatan penelitian yang pasti di temui saat menjadi seorang mahasiswa, oleh karena itu mahasiswa harus mampu dan faham bagaimana cara membuat proposal kegiatan yang baik, selain itu juga mahasiswa yang sekaligus santri harus paham pula teknik lobbying dan audiensi dengan perusahaan atau tempat yang akan di jadikan tempat proposal sponsorship itu di ajukan agar proposal dapat diterima. “Proposal bukan hanya untuk pengajuan dana tetapi proposal adalah rancangan kegiatan yang di tulis secara sistematis,” jelasnya.

Dalam membuat proposal harus memperhatikan latar belakang proposal kegiatan tersebut, karena latar belakang proposal sangat menentukan proposal itu dapat diterima. Isi materi pada proposal biasanya yang paling umum ditemukan kesalahan yaitu pada penulisan latar belakang, yang ditulis secara global dan berbelit-belit, tidak langsung di tulis inti dan maksud kegiatan yang diajukan. “Brand atau perusahaan yang dituju dalam pengiriman proposal biasanya lebih mengutamakan proposal yang di buat dengan isi dan desain menarik,” imbuh pria kelahiran Jepara itu.

pemateri yang merupakan salah satu mahasiswa S2 UNDIP studi Ilmu Ekonomi Pembangunan ini juga membagikan tips dan trik agar proposal dapat diterima antaranya dengan mencantumkan poin-poin penting dalam proposal, percantik desain, kirim proposal ke brand yang sesuai dengan tema event dan terus follow up proposal yang telah di kirim. Teknik lobbying atau pendekatan dengan brand yang dituju juga sangat mempengaruhi diterimanya proposal yang di ajukan dan audiensi dengan brand tentang jenis dan benuk sponsorship yang di berikan juga sangat mempengaruhi kesuksesan proposal dapat di terima.

Baca juga :  Pascalib 2020: Pelatihan Skripsi

“Sebagai santri sekaligus mahasiswa harus faham teknik lobbiying dan audiensi sebagai cara awal dalam memperkenalkan acara kegiatan,” tambahnya.

Penulis: Hidayat Nur Rohman

Editor: Andre Wijaya

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: