Pelatihan Public Speaking: Penguasaan teknik dalam berbicara


Pemateri Pelatihan Public Speaking oleh Atin Anggraini bersama dua santri PP. Darul Falah Besongo Semarang

Pemateri Pelatihan Public Speaking oleh Atin Anggraini bersama dua santri PP. Darul Falah Besongo Semarang

 

Be-songo.or.id – Pondok Pesantren Darul Falah Besongo mengadakan pelatihan public speaking pada hari ahad (26/01/2020) pukul 08.00 sampai 11.00 WIB di Musholla Raudhotul Jannah. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan PASCALIB (pasca liburan) yang sifatnya wajib sekaligus opsional untuk seluruh santri. Acara ini dihadiri oleh Atin Anggraini S. selaku narasumber “ Pelatihan Public Speaking”.

Menurut Atin Anggraini, komunikasi adalah cara bagaimana seseorang menyampaikan sesuatu atau berbicara, namun terkadang permasalahan muncul dari komunikasi itu sendiri. Komunikasi juga sebagai jalan untuk memecahkan masalah baik yang bersumber demi komunikasi ataupun alat peraga lainnya.

“Kunci sukses dari public speaking yaitu penguasaan materi, persiapan mental dan fisik,” ungkapnya.

Dari penjelasan Atin Anggraini, bahwa untuk mencapai hasil terbaik dalam public speaking maka diperlukan teknik dalam berbicara (teknik public speaking), antara lain : variasi suara, kontak mata,bahasa tubuh, ekspresi wajah dan volume suara. Namun, untuk menjadi public speaker yang handal, maka diperlukan latihan sesering mungkin.
“Hal yang diperlukan dalam berbicara atau teknik dalam berbicara yaitu variasi suara, kontak mata, Bahasa tubuh, mimik wajah, dan volume suara. Selain itu ya memang harus latihan sendiri supaya lancar dalam berbicara, ” tegasnya.

Sangat penting menguasai komunikasi agar tidak terjadi kesalah pahaman. Karena pada dasarnya sejak dari lahir manusia sudah dilatih berbicara oleh keluarga maupun lingkungan sekitarnya. Selain itu belajar berbicara didepan umum dapat meningkatkan rasa percaya diri dan melatih kemampuan memformulasikan gagasan dalam komunikasi antar pribadi sehari-hari.

Penulis : Nadiya Eka dan Nia Mulyawati
Editor : Nadiya Eka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>