Ngaji Posonan Online Pesantren Darul Falah Besongo Semarang

Live Streaming Ngaji Posonan Kitab "Nailul Masarat Fi Tashihi Dalailul Khoirot" oleh Prof K.H Imam Taufiq
Live Streaming Ngaji Posonan Kitab “Nailul Masarat Fi Tashihi Dalailul Khoirot” oleh Prof K.H Imam Taufiq

Be-songo.or.id – Jumat (24/04). Ngaji posonan pesantren Darul Falah Besongo Semarang diadakan via online ditengah mewabahnya pandemi Covid-19. Ngaji online perdana kali ini diawali Kitab Nailul Masarat Fi Tashihi Dalailul Khoirot oleh Prof. Dr. KH. Imam Taufiq, M. Ag. Bertempat di aula asrama B9, ditayangkan live streaming melalui akun Instagram @pesantrenbesongo dan channel Youtube Pojok Santri. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memaknai Ramadlan penuh berkah dengan mengkaji karya ulama hebat dan melestarikan tradisi luhur pesantren. Selain itu, metode online diterapkan agar bisa diakses semua santri yang berada di rumah.

“Bulan puasa tidak hanya dimaknai sebagai bulan dimana pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup. Tetapi juga dimaknai untuk nderes, memahami karya ulama hebat. Mengkaji ilmu itu 1000 kali ganjarannya dibanding ibadah lain. Tradisi pesantren manapun seperti ini, tidak ada pesantren yang bubar ngajinya di bulan suci,” ungkap pengasuh dalam muqaddimahnya.

Meski ditengah pandemi, tidak menjadi hambatan. Memanfaatkan semangat dan keberkahan ramadlan, bahkan sangking ngalap barokahnya, pondok dan santrinya berlomba mengkhatamkan kitab.
“Dengan mengikuti anjuran pemerintah, ngaji dapat dinikmati santri yang berada di rumah melalui live streaming dan dinikmati langsung oleh santri yang masih berada di pondok,” imbuh pengasuh yang kerap kali disapa Abah Imam oleh santrinya.

Pesan disampaikan Abah Imam kepada seluruh santri untuk tetap belajar, karena jiwa santri adalah jiwa pembelajar. Belajar lah dimanapun tempatnya. Menjauhi kerumunan, tetap imsak, menahan hawa nafsu dan belajar dilakukan dimanapun sebagai wasilah mendapatkan berkah Ramadlan.

Selain kitab dalail tadi, ada dua kitab lagi yang dikaji, yakni Faidhul Hija bersama Ustadz Ahmad Tajuddin Arafat pada pukul 16.30 WIB serta kitab Tanqihul Qoul Alhatsits bersama Ustadz Karis Lusdiyanto pukul 20:15 WIB. Semuanya ditayangkan via live streaming akun Instagram @pesantrenbesongo dan channel Youtube Pojok Santri.

Baca juga :  Pesantren Besongo Tampil Menebar Kedamaian

Reporter: Taufiq Abdillah

Editor: M. Aulia Rizal Firmansyah

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: