Besongo: Program Budikdamber 2020


Foto bersama program Budikdamber Besongo 2020

be-songo.or.id – Semarang, Ahad 28/06. Pondok Pesantren Darul Falah Besongo adakan kegiatan Budikdamber (budidaya ikan dalam ember), bekerja sama dengan warga Perumahan Bank Niaga. Kegiatan sosialisasi dan pemberian materi pelatihan Budikdamber dilaksanakan di Madin Raudlatul Jannah, dengan diikuti oleh para asatidz, santri dan para warga, serta mendatangkan narasumber yang kompeten dalam bidangnya, yaitu Mas Hendrik.

Tujuan kegiatan ini tidak lain adalah sebagai bentuk mengisi kegiatan dirumah selama masa pandemi Covid-19 dan sebagai upaya dalam menguatkan ketahan pangan keluarga.

Prof. KH. Imam Taufiq dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini didasarkan karena dampak adanya Covid-19 yang membuat kita harus dirumah saja, namun ketika dirumah saja sebenarnya malah menambah masalah, terutama bagi yang kerja diluar rumah. Sehingga untuk mengatasinya, mari kita isi dengan aktivitas-aktivitas yang bisa mengembangkan diri dan bermanfaat, lebih-lebih mampu menjadi penyuplai kebutuhan sehari-hari, salah satunya Budikdamer ini.

Program ini mendapat respon positif dari para warga Perumahan Bank Niaga,”Saya harap kegiatan ini diikuti terus, kemudian dipraktikan dirumah. Dan saya ucapkan terima kasih atas hadirnya kegiatan seperti ini, lebih-lebih kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan protokol gugus tugas,” ucap Ketua RW 14 Perumahan Bank Niaga.

Budidaya ikan dalam ember terbilang mudah dan efisien, cukup menyediakan satu ember besar ukuran 80 liter diisi 75 bibit lele, diatasnya diberi tanaman kangkung berwadah gelas plastik, satu ember mampu menampung 10 gelas plastik, dibawah gelas plastik diisi arang sebagai media tanam kangkung. Dengan masa panen tiga bulan untuk lele dan 20 hari untuk kangkung bibit batang dan 30 hari untuk kangkung bibit biji.

Info lebih lanjut dan lengkap tentang informasi Budikdamber bisa klik disini

Reporter: Andre Wijaya

Editor: Yudha Arta Mukti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *