Besongo: Pelatihan Budidaya Jamur Tiram

Peserta Pelatihan Budidaya Jamut Tiram Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang

Be-songo.or.id – Pelatihan budidaya jamur di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Falah Besongo Semarang diadakan pada Sabtu (15/8/2020). Acara ini berlangsung di samping Masjid Raudlatul Jannah Tambakaji, Ngaliyan, Semarang. Dihadiri pengasuh Ponpes Darul Falah Besongo, Abah Prof. Dr. K.H Imam Taufiq, M.Ag., serta oleh Rudi Hartanto sebagai narasumber. Pelatihan budidaya jamur ini dilaksanakan guna pemberdayaan masyarakat.

Acara tersebut berlangsung dipandu oleh pembawa acara, Mafriha Azida. Diikuti oleh perwakilan santri dari setiap asrama Ponpes Darul Falah Besongo dan warga Perumahan Bank Niaga. Dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, seperti halnya memakai masker, jaga jarak (physical distancing), serta telah disediakan tempat mencuci tangan.

“Kami berterimakasih kepada Bapak ketua RT telah mendukung dan mengizinkan pelatihan budidaya jamur ini terlaksana. Meskipun dengan adanya pandemi ini, tidak menghalangi kami untuk tetap produktif,” tutur Abah Imam Taufiq.

Selain itu, Bapak H. Ediyanto selaku ketua RT juga memberikan sambutannya dalam pelatihan tersebut. Menurutnya, Ponpes Besongo memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar Perum. Bank Niaga.

“Terimakasih kepada pengasuh pondok, Prof. Dr. K.H Imam taufiq, M.Ag, karena dengan adanya Pondok Pesantren Darul Falah besongo, para santri memberikan pengaruh positif bagi anak-anak kecil di sekitar Perumahan Bank Niaga, terlebih lagi mengenai cara berpakaian dan kesopanan,” jelas Bapak Edi.

Pada acara inti, narasumber memberikan pemaparan mengenai jamur, contoh halnya tutorial budidaya jamur, bahan-bahan untuk membuat baglog, perawatan jamur, kendala yang dihadapi dalam budidaya jamur, serta resep olahan jamur.

“Saya memiliki tempat khusus untuk membudidayakan jamur yang bernama “Omah Jamur Bawen”. Saya merintis usaha ini, mulai dari nol, hingga seperti sekarang yang kian berkembang,” ucap Bapak Rudi selaku pembudidaya dan pengusaha jamur tiram.

Baca juga :  Sholat Gerhana Bulan, Momentum Syiar Santri Kepada Masyarakat

Para santri serta warga Perumahan Bank Niaga pun mendapatkan subsidi baglog dari panitia penyelenggara pelatihan budidaya jamur, dengan harapan wawasan yang disampaikan narasumber bisa langsung diaplikasikan.

Klik ini untuk baca tentang jamur tiram dan pembudidayaannya

Reporter : Suci Sulistiowati

Editor : Mafriha Azida

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: