Tauhid dan Implikasinya dalam Kehidupan


 

resensi

Identitas Buku
Judul buku: Tauhid dan Implikasinya dalam Kehidupan
Pengarang buku: Drs. Zaenul Arifin, M. Ag.
Penerbit buku : CV. Karya Abadi Jaya
Kota terbit: Semarang
Tahun terbit: 2015
Ketebalan buku: 122 halaman

Tauhid merupakan keyakinan dan kesaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah SWT. Buku ini mengupas bagaimana ajaran tauhid dapat memberikan identitas Islam dalam mengikat semua unsurnya dan menjadikannya suatu kesatuan yang integral serta organis atau biasa disebut dengan peradaban.

Jelas sekali tidak ada satu pun perintah dalam Islam yang bisa dilepaskan dari tauhid. Kewajiban manusia untuk menyembah Tuhan, mematuhi perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya akan hancur apabila tauhid dilanggar.

Secara umum, buku ini berisi tentang bagaimana cara agar kita tetap kokoh pada pendirian kita, dalam mempelajari tauhid kita akan lebih memahami bagaimana cara kita agar lebih mendekatkan diri kepada Allah, dan bagaimana menyatukan kaum muslimin dengan Tauhid. Ilmu Tauhid juga tidak hanya sekadar mempelajari Tauhid sebagai sebuah dogma keagamaan yang kosong, melainkan bisa menjadikan tauhid sebagai landasan etik dan sebagai motivasi dalam segala tindakan manusia.

Buku ini mampu membantu pembaca buku mengetahui lebih luas terkait tauhid itu sendiri, agar tidak tergoyahkan oleh paham-paham atau aliran apa pun selain tauhid itu sendiri. Dengan membaca buku ini kamu mampu menjalankan perintah, dan menjauhi larangan-Nya sesuai syariat Islam.

Kelebihan
Buku ini sangat membantu pembaca untuk belajar dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT untuk menuju jalan yang benar sesuai petunjuk-Nya. Bahasa buku ini mudah di pahami, karena menggunakan bahasa yang ringan dan umum juga dalam buku ini terdapat bahasa asing yang sudah diartikan, jadi pembaca tidak terlalu kesulitan dalam memahaminya. Cover buku simpel namun cukup merepresentasikan isinya cukup pas ditambah dengan ilustrasi masjid yang menambah nuansa keislaman.

Kelemahan
Banyaknya spasi yang kurang tepat, sehingga jika tidak teliti membacanya akan salah pemahaman. Buku ini juga belum cukup terkenal karena produksi dan penjualannya masih terbatas.

Izzul Fitriyani | Penulis adalah santri Besongo Asrama A7 |

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>