Tekan Egoisme, Dafa Ceria Rekatkan Persaudaraan Lewat Hiburan

Kegiatan Dafa Ceria

Besongo.or.id- Terhitung sudah satu bulan setengah kegiatan belajar mengajar di Ponpes Darul Falah (Dafa) Besongo aktif. Hampir seluruh santri sudah kembali dan mengikuti kegiatan yang telah dijadwalkan. Mengakhiri Ahad terakhir di bulan September, panitia selenggarakan kegiatan Dafa Ceria pada Ahad (26/09/2021) pagi.


Berlokasi di lapangan Ushuluddin UIN Walisongo, kegiatan dibuka dengan senam bersama yang dipimpin oleh tiga instruktur dari Asrama B6. Adapun kegiatan Dafa Ceria sendiri bertempat di lapangan gedung Q Fakultas Ilmu Ushuluddin dan Humaniora. Seluruh rangkaian acara dimulai tepat pukul 05.30 WIB.


“Selain untuk menunaikan kewajiban dari program kerja bidang kesenian dan olahraga, kegiatan Dafa Ceria ini juga sebagai sarana hiburan bagi para santri setelah seminggu penuh belajar dan mengaji. Terpenting, Dafa Ceria ini sebagai sarana untuk memperkukuh persaudaraan dan menekan sikap egoisme santri agar tidak muncul dari masing-masing individu,” Tutur Hafadoni Jundya Lamtaroha, ketua kegiatan Dafa Ceria.


Selain bertujuan untuk memperkuat persaudaraan antar santri, acara ini juga sebagai ajang untuk melatih kemampuan santri dalam berbahasa terbukti sebagian game menggunakan bahasa asing yaitu bahasa arab dan bahasa ingris.


Acara berlangsung seru walau tidak didukung dengan cuaca yang bagus. Terdapat empat jenis permainan yang juaranya diperebutkan oleh 19 kelompok. Adapun empat jenis permainan yang dilombakan adalah menyusun puzzle, spelling bee, estafet sarung, dan estafet karet. Keempat permainan tersebut melatih sikap kerja sama tim dan mengesampingkan sikap egois, sehingga persaudaraan antar santri Dafa Besongo semakin erat.


“Simpel saja, sih. Dafa Ceria ini sebagai refreshing bagi anak-anak pondok,” Ujar Rofiki salah satu pemenang lomba estafet sarung dari kelompok coklat susu putra.


Rangkaian acara dari Dafa Ceria ini memang sangat menghibur, dapat menghilangkan penat, dan me-refresh otak setelah seminggu penuh mengikuti kegiatan belajar dan mengajar di ponpes Darul Falah Besongo.

Baca juga :  Peringatan Maulid Nabi, Persembahkan Pidato 4 Bahasa

Reporter : Nabilatus Sa’adah

Editor : Fiya Faridatul Afidah

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *