Aktualisasi Diri Melalui Organisasi

Aktualisasi Diri Melalui Organisasi

Ustaz Umar Said Burhanuddin sampaikan materi (keorganisasian) pada pascalib 2022 (foto/nada syifaur)

be-songo.or.id – Semarang, Memasuki hari keempat Pasca Liburan (Pascalib) para santri Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang tetap bersemangat mengikuti serangkaian acara Pascalib. Acara kali ini adalah Manajemen Organisasi yang diadakan di dua tempat yaitu asrama B13 dan B9 dengan dua pemateri yaitu Nur Zaenab dan Ustaz Umar Said Burhanuddin pada Selasa (08/01/22).

Dalam penyampaiannya Umar Said atau yang biasa disapa Gus Umar menyampaikan seorang santri sekaligus mahasiswa organisasi bukanlah hal baru. Organisasi sebagai wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, efisien dan efektif untuk mencapai suatu tujuan. Lantas bagaimana seorang organisator dapat mewujudkan tujuannya?

Kali ini Gus Umar membahas mengenai apa saja yang diperlukan seorang organisator dalam melakukan manajemen yang baik. Manajemen berasal dari to manage yang bisa diartikan menrencanakan, mengawasi, menjalankan. Organisasi merupakan kendaraan untuk mencapai tujuan bersama.

“Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi terhadap masyarakat,” Ujarnya kepada santri Dafa

Beliau juga menambahkan bahwa organisasi yang baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya karena memberikan kontribusi yang positif. Menurutnya sebuah organisasi dapat berdiri dan diakui eksistensinya apabila memenuhi beberapa asas

“Terdapat lima asas organisasi yang mampu diakui keberadaannya yaitu asas perumusan tujuan, spesialisasi, hierarki wewenang, sistem aturan, dan impersonalitas,” jelas Gus Umar

Asas perumusan tujuan adalah arah orientasi dari sebuah organisasi. Hal ini menjadi landasan dasar sebuah organisasi berdiri, ada, dan eksis. Goals dari sebuah organisasi sangat fundamental agar tidak kehilangan arah dan mempunyai jati diri.

Asas  spesialisasi, spesialisasi ini diperlukan sebagai gambaran dan bentuk dari sebuah organisasi. Speasialisasi juga menetukan kualifikasi dari setiap anggotanya hal ini bertujuan setiap anggota mampu melakukan perannya masing-masing.

Baca juga :  Videografi Itu Seni yang Harus dikuasai

Selanjutnya, hierarki wewenang. Dalam organisasi terdapat strukstur keanggotaan yang  menginterpretasikan jabatan sekaligus wewenang sesuai porsinya masing. Hierarki wewenang ini terbentuk melalui kesepakatan bersama.

Asas sistem aturan .Organisasi tidak lepas dari sistem aturan yang mengikat anggotanya. Sistem aturan di sini dibuat sedemikian rupa di sesuaikan dan dibuat searah dengan pencapaian tujuan.

Asas impersonalitas atau bisa dimengerti sebagai mendahulukan kepentingan Bersama daripada kepentingan pribadi.

Setelah kelima asas terpenuhi disinilah manajemen diperlukan untuk mencapai tujuan akhir. Gus Umar menyebutkan serangkaian aspek dalam manajemen organisasi. Aspek  pertama planning (perencanaan), organizing, actuating, controlling, terakhir evaluating. “Apabila kelima aspek tersebut terlaksanakan dengan baik tercapailah tujuan dari sebuah organisasi. “ tutup beliau.

Reporter: Salsa Lazuardhy

Editor: Fiya Faridatul Afidah

Tinggalkan Balasan