Be-songo.or.id

Besongo Salurkan Bantuan ke Korban Banjir Demak

(Demak, 25/02), Pesantren Darul Falah Besongo Semarang salurkan bantuan bagi korban banjir di Karanganyar, Demak, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut diwakili oleh Badan Pengurus Harian (BPH) dan perwakilan ketua asrama.

Bantuan yang disalurkan melalui korban merupakan dalam bentuk uang, makanan, kebutuhan pokok berupa beras, gula pasir, minyak goreng dan mie instan. Bantuan tersebut dikumpulkan oleh seluruh santri Darul Falah Besongo Semarang sebagai bentuk rasa empati kepada korban banjir Karanganyar, khususnya bagi santri yang juga terkena dampak banjir Karanganyar.

Abah Imam yang ikut serta dalam kegiatan tersebut, menyampaikan tujuan dari kegiatan ini merupakan sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap sesama serta  melatih rasa empati.

”Sudah seharusnya kita tunjukkan rasa kepedulian kita, setidaknya dengan nyambangi dan melihat lokasi secara langsung,” tutur Abah Imam Taufiq, Pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang, saat tiba di salah satu rumah wali santri.

Donasi diserahkan langsung kepada wali santri untuk kemudian dibagi rata dengan warga sekitar. Setidaknya ada 100 paket sembako dan uang yang disalurkan di dua desa, yakni Desa Wonorejo dan Desa Wonoketingal.

Perwakilan santri yang ikut serta dalam kegiatan tersebut ikut membagikan paket sembako ke rumah-rumah warga di Desa Wonorejo, Karanganyar.

Ibu Sri menceritakan kondisi yang ia alami, ”Tidak terhitung selama 12 hari itu kami pindah berapa pengungsian. Mulai dari mengungsi di SD Gajah hingga ke masjid dan lainnya.”

Meskipun air sudah mulai surut, aktivitas warga belum kembali normal sepenuhnya. Sebagian besar warga masih proses membersihkan rumah yang terkena bencana banjir.

Terhitung baru 3-4 hari warga kembali dari pengungsian dan mulai menempati rumah masing-masing. Sebelumnya, setiap pagi mereka ke rumah hanya untuk membersihkan barang-barang lalu malamnya kembali ke pengungsian

Masyarakat sekitar merasa terbantu dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh Pesantren Darul Falah Besongo Semarang

“Dengan adanya bantuan semacam ini, kami setidaknya merasa terbantu.” ucap Hanan, salah satu warga yang terdampak banjir.

Oleh: Yasrina Nur Safhira

Editor: Sholahuddin