Kudus adalah “surga” bagi para santri. Mengapa? Karena Kudus adalah “gudang” ulama khos. Banyak ulama’ di Kudus yang menjadi simpul peraduan masyarakat. Salah satu di antaranya adalah beliau KH Ahmad Basyir. Beliau lahir pada 30 November 1924 M silam. Putra dari Kyai Muhammad Mubin dan Nyai Dasireh. Hari itu, lahir seorang bayi mungil yang kelak menjadi orang besar, ulama’ yang berpengaruh di tengah masyarakat, menjadi rujukan banyak orang dari berbagai penjuru tanah air. Oleh kedua orang tuanya, bayi itu dititahkan nama Ahmad Basyir, orang yang selalu menyuguhkan nafas kebahagiaan bagi umat. Kelahiran beliau adalah “anugerah” terindah, bukan hanya bagi kedua orang tuannya, namun juga banyak kaum muslimin di seluruh tanah air.
Memburu Ilmu
Saat usia kanak-kanak, KH. Ahmad Basyir mengenyam pendidikan formal di Veer Folexs Shcooll (sekarang SD) dan menamatkan jenjang kelas V. Pada saat itu belum ada jenjang kelas VI. Sekolah tempat KH Ahmad Basyir mengenyam pendidikan formal itu sekarang menjadi SD Negeri 1 Jekulo. Selama mengenyam pendidikan di sana, beliau acapkali menjadi juara kelas. Karena prestasinya yang begitu gemilang, beliau pernah ditawari untuk diambil anak oleh gurunya di sekolah itu. Tujuannya akan dididik untuk jadi guru di sekolah itu.
Usai menamatkan pendidikan di Veer Folexs Shcooll, beliau melanjutkan pendidikan non formal di Madrasah Diniyah yang sekarang bernama Tarbiyatus Sibyan. Di madrasah ini beliau dididik oleh para Kyai sepuh, diantaranya adalah KH. Dahlan. Di luar aktifitas belajar di madrasah diniyyah, beliau mengaji pada KH. Mansyur Kaelani, KH. Yasin, K. Hudlori dan KH. Zainuddin.
Dalam bidang Al Qur’an, masa muda beliau berguru kepada Kyai Muhammad Mubin (ayahnya sendiri) dan Kyai Mukhib, dan pentashihan Al Qur’an kepada KH. Mansyur Jekulo.
Selain rasa haus beliau terhadap Ilmu, ketika masih remaja, beliau juga mulai gemar berziarah ke makam-makam para wali, seperti Sunan Kudus, Sunan Muria, makam Mbah Ahmad Mutamakkin Kajen, dan makam para wali di Jekulo, di antaranya, mbah Abdul Jalil, Mbah Abdul Qohhar, mbah Sewonegoro, mbah Sanusi, mbah Yasin, mbah Ahmad, mbah Rifa’i dan mbah Suryo Kusumo (Mejobo), yang tidak pernah beliau tinggalkan hingga sekarang. Itu adalah perwujudan rasa ta’dzim beliau kepada para Masyayeh dan Auliya’.
Termasuk tradisi beliau saat masa mudanya adalah silaturrahim kepada para Ulama’, seperti KH. Hamid Pasuruan. Beliau juga sering mengikuti khataman Al Qur’an bersama Mbah Arwani Kudus, baik di Kudus maupun di luar daerah.
Sebelum betul-betul menetap dalam menimba Ilmu di PP. Bareng 1923 (sekarang PP. Al Qaumaniyah), pada tahun 1940 M beliau juga sempat nyantri dan menghatamkan Alfiyah di PP. Kenepan Langgar dalem Kudus, waktu itu beliau berguru dengan KH Ma’mun Ahmad, menghatamkan Al Qur’an kepada KH. Arwani Amin serta berguru kepada para Masyayeh di sekitar Kudus, di antaranya adalah KH. Irsyad dan KH. Khandiq, kakak dari KH. Turaichan Adjhuri Kudus.
Saat beliau masih usia remaja, Mbah Basyir sering mengikuti romonya mengajar di pesantren. Oleh ibunya, Nyai Dasireh, Kyai Basyir kecil juga sering diajak sowan kepada Mbah Yasin. Saat itulah beliau diwejangi oleh Mbah Yasin, agar beliau mengurungkan niatannya menjadi guru sekolah. Beliau diajak oleh Mbah Yasin agar nyantri pada mbah beliau. Simbah Yasin itulah yang mengukir jiwa Kyai Basyir.
Mulai saat itu, Mbah Basyir mengabdi kepada mbah Yasin, mulai dari jadi abdi dalem, hingga jadi qori, menjadi badal mbah Yasin mengajar para santri. Saat itu, di pesantren Mbah Yasin terkenal tiga serangkai Ulama’ masyhur, yakni mbah kyai Muhammad, putra Mbah Yasin, kyai Hanafi menantunya, dan mbah Basyir sebagai lurah pondoknya. Pada waktu nyantri kepada mbah Yasin itulah, beliau juga sering kali menimba Ilmu kepada KH. Muhammadun Pondohan, Tayu.
Aktivis
Semasa mudanya sekitar tahun 1944 -1945 M. Beliau bergabung dalam BPRI (Badan Perjuangan Republik Indonesia), sebuah organisasi pemuda yang gigih memperjuangkan kemerdekaan RI. saat itu BPRI dipimpin oleh Bapak Karmain dan Bapak Mulyadi Jekulo. Sebelum masuk BPRI, beliau masuk organisasi GPII (Gerakan Pemuda Islam Indonesia).
Masa perjuangan kemerdekaan saat itu, beliau paham betul, karena beliau adalah pelaku sejarah. Saat itu, Kyai Basyir menjabat sebagai ketua pondok. Setiap ada pejuang yang ditahan di Rendeng, beliau bergegas mengupayakan sesuatu untuk membebaskannya.
Dalam pengembaraannya untuk “Tholabul Ilmi”, pada tahun 1949 M. beliau kembali ke daerah Jekulo dan kembali nyantri di pondok pesantren Bareng Jekulo asuhan KH. Yasin. Sembari menimba ilmu, beliau mengabdi pada KH. Yasin. Semua urusan mbah Yasin, beliau yang mengurusi. Bahkan, menyimpan uang sekalipun dipercayakan pada Mbah Basyir. Suatu ketika mbah Yasin waktu itu menderita penyakit bawasir. Dalam kondisi ini, Mbah Basyir selalu ada untuk merawat beliau.
Kyai Basyir muda banyak mendapatkan pelajaran berharga dari pengabdiannya pada simbah Yasin. Beliau tidak hanya mengaji riwayah, tapi juga ngaji dirayah.
Sembari mengaji dan mengabdi, beliau melakukan Riyadhoh puasa tahunan, ijazah dari Mbah Yasin. Adab beliau kepada sang guru begitu luar biasa. Konon, setiap merampungkan satu riyadhah puasa, beliau tidak berani meminta khizib ini atau itu. Beliau matur kepada Simbah Yasin, ”kulo sampun ba’da shiyam”, tidak ”nyuwun niki-niku”.
”Ini karena rasa tadzimnya terhadap guru. Inilah cara orang dahulu dalam tadzim kepada guru, bagaimana mereka merasakan ilmunya,” ujar KH Ahmad Badawi, putra KH Ahmad Basyir saat ditemui reporter ”Manhaj” di kediamannya.
KH Basyir menghabiskan masa mudanya sebagai santri, abdi kyai. Hari-harinya dipenuhi dengan rutinitas belajar, pekerjaan keseharian dan puasa. Rutin dengan ritual riyadhah selama puluhan tahun, pada tahun 1958 M., oleh KH. Yasin, beliau diserahi ijazah Dalail Khoirat beserta khizib-khizibnya.
Mendirikan Pesantren
Pada tahun 1969 M. bersama dengan para kyai lain, beliau mendirikan Madrasan Diniyah Nurul Ulum Jekulo Kudus. Nama “Nurul ulum” merupakan pemberian Kyai Cholil. Madrasah tersebut dipimpin oleh Kyai Khalimi dengan guru-gurunya adalah K. Cholil, KH. Khalimi, KH. Ahmad Basyir dan K. Mahin.
Tahun 1970 M. beliau mendirikan Pondok pesantren Darul Falah yang bertempat di sebelah utara Masjid Kauman Jekulo. Cikal pesantren ini merupakan wakaf dari H. Basyir. H. Basyir memberi waqaf bangunan kuno kepada KH. Ahmad Basyir. Oleh KH Ahmad Basyir, bangunan itu dijadikan sebuah pondok pesantren yang diberi nama ”Darul Falah”, tepatnya pada tanggal 1 Januari 1970 M.
Berkeluarga
KH Ahmad Basyir menikah dengan Nyai Hj. Solikhah binti KH. Abdul Ghoni yang lahir di Desa Hadiwarno Mejobo Kudus pada tanggal 31 Desember 1946 M. Pernikahannya dengan Nyai Hj. Sholikha ini, dikaruniai sembilan orang anak.
Di mata keluarga, Kyai Basyir adalah sosok ayah yang penyayang. Beliau selalu memberi teladan pada keluarganya. Keuletan dan kesabaran beliau menjadi inspirasi putra-putrinya. Sosok Kyai Basyir di tengah keluarga tak sekedar kepala rumah tangga, tapi juga sosok idola yang menjadi inspirasi teladan putra-putrinya.
Kyai Basyir adalah sesosok ayah yang bertanggung jawab, penuh dedikasi dan berpikir progresif. Perjuangan beliau untuk keluarga tak mengenal letih, apalagi putus asa. Tak sedikit pengorbanan beliau untuk memperjuangkan anak-anaknya..
Pada saat itu, di Bareng tak ada tradisi sekolah. Sekolah formal di mata masyarakat bareng adalah hal yang “tabu”. Kendati demikian, kyai Basyir tetap menyekolahkan putra putrinya. Hampir setiap pagi beliau mengayuh sepeda dari Bareng hingga Kudus Kulon untuk mengantarkan putrinya sekolah. Saat itu, beliau menyekolahkan putrinya di madrasah Muallimat. Di mata masyarakat, KH Ahmad Basyir adalah seorang yang moderat. Beliau juga merupakan sosok pembaharu.
Menghadapi masyarakat, beliau tampil sebagai sosok khas yang kharismatik. Kedatangan tamu yang beragam jenis, dari berbagai pejuru, dengan karakter masing-masing, dengan membawa masalah yang komplek, beliau menghadapinya dengan santun dan hormat, tanpa membedakan.
Beliau orang yang tidak pemarah. Di kerutan wajahnya yang bersinar itu, selalu mengembang sesimbul senyum segar. Senyuman ini menjadi siraman rohani bagi setiap orang yang beliau temui.
Di mata santri dan masyarakat, KH Basyir adalah seorang dermawan. Komitmen beliau, jangan sampai santri rekoso dalam belajar. “Beliau menangisi (memperjuangkan) anak dan santri ( sungguh) luar biasa,” ujar KH. Badawi.
KH Ahmad Basyir memegang falsafah, ilmu itu harus diamalkan walau hanya satu kali, kalau ingin manfaat.
Teladan
KH Ahmad Basyir adalah sosok teladan yang patut kita contoh. Beliau adalah seorang ulama’ yang mentradisikan ”riyadhoh” (laku prihatin) sejak masa mudanya hingga sekarang. Tradisi itu masih beliau pegangi hingga sembilan puluh tahun lebih usianya. Keseharian beliau selalu dihabiskan untuk beribadah; berjama’ah, ngucal kitab kuning, ziarah, meyuguh tamu, serta selebihnya untuk keluarga dan masyarakat.
Saat malam hari, sehabis mendidik para santri, beliau beristirahat sesa’at. Disa’at kebanyakan orang tertidur lelap, beliau dipastikan bangun ba’da nisful lail untuk menjalankan rutinitas beliau seprti wirid, sholat malam dan ibadah lainnya, hingga waktu subuh tiba. ”Saya tidak pernah melihat mbah Basyir tidur setelah jam dua belas malam,” ujar KH. M Jazuli.
Sehabis menjadi Imam jama’ah shalat subuh di Masjid Baitussalam, rutinitas beliau adalah berziarah ke makam para Masyayeh dan Auliya’ sebagai guru beliau, yang sampai saat ini tidak pernah beliau tinggalkan. Itu adalah bentuk ta’zim beliau terhadap para Ulama’ yang telah mewariskan Ilmu kepada beliau.
Pada masa muda beliau terbiasa dengan tradisi puasa Dalail Khairat dan riyadhoh lainnya, sampai akhirnya beliau diutus menjadi Mujiz Dalail Khairat.
”Enome riyalat, tuwo nemu derajat, riyalat kui jiret weteng nyengkal moto” demikian beliau memberikan penyegaran rohani kepada para santri yang hendak mengamalkan tradisi riyadhoh, baik puasa Dalail maupun riyadhoh lainnya. Menurut KH. Jazuli, ungkapan itu diartikan sebagai bentuk usaha yang sungguh-sungguh ketika masa muda, baik dalam menuntut Ilmu maupun riyadloh, ketika sampai waktunya, orang tersebut akan mendapatkan kesuksesan, baik dunia maupun akhirat.
Rasa Ta’dzim yang beliau agungkan selama ini juga merupakan suri tauladan yang niscaya kita teladani. Yang beliau tradisikan hingga saat ini adalah berziarah ke makam para auliya’ di lingkungan jekulo, yang merupakan guru-guru beliau. Di sinilah simpul hubungan antar murid dengan guru yang tak pernah putus, terus berkesinambungan.
Banyak hal yang dapat kita teladani dari beliau, mulai dari kegigihan dalam menuntut ilmu, kreatifitas hidup, perjuagan, hingga Ahlaqul karimah yang menjadi tempat kita ”berkiblat”.
REDAKSI