Be-songo.or.id

66 Santri Kelas Akhir Pesantren Besongo Ikuti Haflah Akhirussanah

Pondok Pesantren Darul Falah Besongo, Kota Semarang adakan Wisuda dan Haflah Akhirussanah yang bertempat di Lapangan Perumahan Bank Niaga, Ngaliyan, Kota Semarang, Sabtu (27/05/2023).

Haflah Akhirussanah adalah perayaan akhir tahun santri yang telah selesai menjalani pendidikan atau masa studi.

Pengasuh Pondok Pesantren Darul Besongo Kiai Imam Taufiq menyampaikan, dari jumlah yang cukup banyak, sekarang tinggal 66 santri yang tetap istiqomah di Pesantren ini.

“Ini dinamika di Pesantren yang begitu bermacam-macam. Ada yang giat ngaji, tapi susah untuk paham,” ujarnya.

Lanjut beliau, yang penting bentuk tradisi kebiasaan di pesantren ini lah dengan khusu’, ikhlas, sungguh-sungguh mencari ilmu InshaAllah menjadi barokah kita semuanya.

“Yang berikutnya saya ucapkan terimakasih kepada RT dan keluarga Perumahan Bank Niaga yang selama ini mengawal, membimbing anak-anak kami untuk bermasyarakat, bersosialisasi dan bercerita pengalaman ilmunya di tengah-tengah masyarakat, mudah-mudahan ini menjadi modal untuk terjun ke masyarakat,” tuturnya.

Ketua RT Perumahan Bank Niaga, Nur Ahmad berterimakasih atas keberadaan Pondok Pesantren Darul Falah Besongo yang berada di tengah-tengah masyarakat. Karena dengan itu warga Perumahan Bank Niaga menjadi lebih aktif.

“Para santri sangat peduli dan berkiprah di lingkungan perumahan sehingga kegiatan yang di adakan berjalan sesuai dengan jadwalnya, seperti konservasi bersama warga hingga tahlil dan yasin yang rutin tiap minggunya,” ucapnya.

Hadziq Muhibbudin salah satu wisudawan mengatakan, kepada seluruh adik-adik kelas baik itu angkatan 2020, 2021 dan 2022 untuk tetap kompak dan menjaga keharmonisan. Yang tua mengayomi yang muda dan yang muda menghormati yang tua.

Oleh: Jazilah (Santriwati Pondok Pesantren Besongo Semarang dan Mahasiswi UIN Walisongo Semarang)

Editor: M. Raif Al Abrar