HSN 2021, Sudahkah Santri Berkontribusi Lebih?

Upacara Hari Santri Nasional 2021 PP Darul Falah Besongo Semarang

Be-songo.or.id – Semarang, Pondok Pesantren Darul Falah (Dafa) Besongo Semarang mengadakan upacara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2021, Sabtu (23/10/2021) yang bertempat di lapangan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHum) UIN Walisongo Semarang.

Upacara berjalan dengan khidmat dan dihadiri langsung oleh Pengasuh serta asatidz dan asatidzah Pondok Dafa Besongo Semarang. Antusiasme santri dalam menyambut acara ini terlihat dengan semangat mereka mengikuti berbagai perlombaan.

“Penetapan hari santri oleh pemerintah bukan tanpa alasan, akan tetapi didukung oleh beberapa fakta, argumen, dan kenyatan bahwa santri telah benar-benar berkontribusi untuk bangsa sejak zaman perjuangan sampai menjadi kemerdekaan dengan mencurahkan seluruh pikiran serta jiwa dan raga untuk mewujudkan negara kesatuan replubik Indonesia,” tutur Pengasuh Pesantren Darul Falah Besongo dalam sambutannya.

Sebagai pra-acara, masing masing asrama menampilkan perwakilan duta kang dan ning santri yang nantinya akan dipilih yang terbaik di antara masing-masing kandidat. Dalam sambutannya Abah Imam Taufiq menyeru agar santri dituntut untuk tampil dengan totalitas.

“Ditengah pandemi ini tidaklah menjadi halangan untuk kita tetap selalu bersemangat dalam tholibul ilmi dan memberikan kontribusi khidmah dan hasil yang positif untuk masyarakat, bangsa dan negara. Karena beberapa fakta telah menunjukkan bahwa virus covid-19 telah menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dari diri kita,” imbuhnya.

Dengan tema yang dibawakan dalam Hari Santri Nasional 2021 yaitu ‘santri siaga, jiwa dan raga’ memiliki arti yang luar biasa pentingnya untuk kontribusi santri hari ini. Abah Imam Taufiq menyampaikan bahwa seorang santri harus selalu menjadi aktor dalam menyebarluaskan gagasan kesehatan di lingkungan masyarakat, pondok pesantren dan di mana pun.

Diakhir acara terdapat pengumuman juara diantaranya adalah lomba lalaran nadhom alfiyah dan poster of quotes yang di juarai oleh asrama B-9, lomba video edukasi kang/ning santri yang dimenangkan oleh asrama B-13, lomba kebersihan asrama yang diraih oleh asrama A-7, untuk asatidz dan asatidzah terfavorit jatuh kepada Dr. H. Ahmad Tajuddin Arafat, M,Si. beserta Dina Arvi Arina Zulfa, S,Pd. Dan terakhir lomba kang/ning santri dengan Arkan Zuhri sebagai Kang Santri dan Aliyah Ramadhani Azzubair sebagai Ning Santri.

Baca juga :  مع الإنترنت الي الجنة

Reporter: Faza Naila Fathimatuz Zahra

Editor: Fiya Faridatul Afidah

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *