Bincang Fotografi, Banyak Hal yang Harus Dikuasai…

Bincang Fotografi Besongo Online 2021

Besongo.or.id- Semarang, Fotografi merupakan salah satu seni yang memerlukan teknik tersendiri agar hasilnya memiliki seni dan unsur keindahan. Jadi sebagai seorang fotografi kita harus menguasai berbagai teknik dan komposisi suatu gambar untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Pernyataan itu disampaikan Fauzan Sidiq dalam ‘Bincang Fotografi’ yang diselenggaralan oleh Tim Besongo online Pondok Pesantren Darul Falah (Dafa) Besongo, di asrama b13 pada Ahad (26/09/21) sore.

Pelatihan ini bertujuan untuk melatih skill santri Pondok Pesantren Dafa Besongo Semarang terutama dalam bidang fotografi. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jenis kamera, seorang fotografer harus bisa membedakan minimal jenis kamera DSLR dan Mirrorless

“Sebenarnya banyak jenis kamera namun di sini kita akan membahas DSLR dan Mirorrless. Kamera DSLR mempunyai 45 derajat sensor, sedangkan Mirrorless tidak,” ucap Fauzan Siddik selaku pemateri dalam acara ini.

Menurutnya semakin banyak digit dalam kamera maka akan semakin mahal harga sebuah kamera. Banyak hal yang dijelaskan pemateri seperti jenis lensa, Triangle Exposure, View (Bidang pandang), Anggle (Sudut Pandang), dan Komposisi Kamera.

Dalam Trianggle Exposure ada tiga hal yang harus diperhatikan yaitu: Aperture, Shutter Speed dan Iso. Aperture adalah bukaan diafragma pada lensa kamera. Shutterspeed biasanya diterapkan untuk memberikan gerakan dari objek foto. Sedangkan Iso digunakan untuk menentukan intensitas cahaya pada kamera.

“Semakin tinggi iso maka cahaya yang dihasilkan akan semakin cerah. Untuk view dan komposisi kamera menyesuaikan objek yang akan diambil,” tambah mahasiswa jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT) itu.

Acara ini disambut baik oleh para santri terbukti dengan banyaknya santri yang antusias menghadiri pelatihan. Selain materi, pemateri juga memberi ruang santri untuk praktik langsung dalam pelatihan fotography.

Baca juga :  Besongo: Penyemprotan Disinfektan Sebagai Ikhtiar Fisik Mencegah COVID-19

Reporter : Fiya Faridatul Afidah

Editor : Imam Mawardi

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *