Semarak Milad ke 13, Pesantren Darul Falah Besongo Adakan Perayaan Pertama Kali

Be-songo.or.idPerayaan milad atau ulang tahun merupakan tradisi yang biasa dilakukan, termasuk bagi pondok pesantren. Dalam rangka tasyakur bin ni’mah, Pondok Pesantren Darul Falah (Dafa) Besongo adakan perayaan milad ke 13.

Sejak didirikannya tahun 2008 lalu, Ponpes Dafa Besongo telah memberikan kontribusinya di bidang pendidikan, terutama pada kemajuan di bidang keagamaan melalui kitab kuning khas pesantren maupun kajian Al Qur’an.

Milad tersebut merupakan konsep baru yang sebelumnya hanya menjadi wacana dari generasi ke generasi. Rancangan kegiatan Milad tersebut diisi kegiatan keagamaan seperti nariyahan, ngaji muter, khataman akbar dan sima’an bil ghoib 30 juz pada Selasa, (1/5/2021) sampai Sabtu, (5/5/2021).

“Sudah menjadi wacana di kepengurusan sebelumnya, karena memang milad ini merupakan sebuah konsep yang baru, karena sebelum-sebelumnya itu belum terkonsep dengan matang”. Tutur Lurah Besongo, Umar Kustiadi.

Umar menjelaskan latar belakang diadakannya milad didasari wujud bakti kepada pesantren dan gagasan kepengurusan tahun sebelumnya, kemudian kepengurusan tahun 2020 berupaya mewujudkan konsep milad tersebut secara maksimal dan menjadikannya sebagai salah satu program kerja baru.

“Di Dafa kan belum pernah ada perayaan sebelumnya, terus sempet kepikiran masa belum pernah merayakan untuk pondok ini, makanya tahun ini ada acara milad dari kepengurusan kami merupakan salah satu proker yang harus dilaksanakan”. Tambah Wakil Lurah Besongo, Rifqi Mahmudah.

Karena perayaan tersebut menjadi yang pertama kali, tentu saja terdapat kendala dan tantangan tersendiri terutama pada konsep dan kegiatan perayaan Milad Besongo. Juga terkait kepastian tanggal didirikannya Pesantren Besongo.

“Pemilihan tahun milad diambil dari angkatan pertama pada tahun 2008, kemudian bulan Mei sampai Juli yang kemudian kami putuskan mengambil jalan tengah pada bulan Juni”. Tutur Lurah Pondok tersbeut.

Baca juga :  Siapa Lurah Besongo 2018/2019 ?

Harapannya ke depan acara milad tersebut dapat berjalan lebih semarak disertai para santri yang ikut berpartisipasi aktif dalam menyemarakan acara tersebut.

“Semoga ke depannya semarak mengadakan milad semakin maju, disertai peran aktif para santri. Bisa juga diadakan beberapa lomba yang turut mewarnai perayaan milad.” Tutup Umar.

Reporter          : Panpan Alwi

Editor              : Ati Auliyaur R

Mari semarakkan Puncak Akhirusanah dan Milad Besongo ke-13

Link twibbon 1 :
https://twb.nz/akhirusanah1

Link twibbon 2:
https://twb.nz/akhirusanah2

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *