Skill Wajib Bagi Seorang Pemimpin

Skill Wajib Bagi Seorang Pemimpin

Karakteristik utama seorang pemimpin adalah jujur, adil, cerdas, visioner dan inspiratif. Pemimpin mengetahui kapasitas sumber daya yang ada dalam anggotanya (11/08). (Foto/BesongoTV)
Karakteristik utama seorang pemimpin adalah jujur, adil, cerdas, visioner dan inspiratif. Pemimpin mengetahui kapasitas sumber daya yang ada dalam anggotanya (11/08). (Foto/BesongoTV)

Kepemimpinan (leadership) merupakan sebuah sifat untuk mempengaruhi perilaku orang lain atau kelompok kearah pencapaian tujuan organisasi. Salah satu skill yang harus dimiliki pemimpin di antaranya adalah problem solving.

Hal tersebut yang disampaikan oleh Ustaz Umar Said Burhanudin, pada sesi kelima Taaruf Orientasi Santri (TOS) Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang, tentang ‘Leadership and Problem Solving‘ Rabu, (10/08/2022)

Menjadi seorang pemimpin hendaknya memiliki kemampuan dalam memecahkan suatu masalah. Juga menyelidiki, mengkaji dan menjelaskan fakta. Setelah itu mempertimbangkan pemecahan masalah alternatif dan memilih cara pemecahan yang dinilai paling tepat.

Dalam suatu organisasi seorang pemimpin tidak akan berjalan tanpa adanya anggota. Kepercayaan dan kerja sama satu sama lainlah yang ditanamkan. Dan dengan mengajaknya berdiskusi, maka anggota akan merasa dihargai dalam organisasi tersebut.

Leader harus mempunyai wawasan dan pandangan lebih luas dari yang dipimpin, ketika dihadapkan suatu masalah bisa menemukan solusi pemecahan masalah,” ujar Gus Umar, sapaan beliau di pondok.

Karakteristik utama seorang pemimpin adalah jujur, adil, cerdas, visioner dan inspiratif. Dan ia juga harus mengetahui kapasitas sumber daya yang ada dalam anggotanya. Anggota bisa berjalan jika pemimpin percaya kepada anggotanya.

Sebagaimana pepatah Jawa Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani  yang artinya seorang pemimpin bisa jadi di depan untuk menjadi komando, bisa jadi di tengah untuk membangun semangat dan  bisa jadi  di belakang  untuk memberikan dorongan.

“Problem solving (mengatasi masalah) merupakan proses kepemimpinan. Masalah adalah anak tangga menuju kekuatan yang lebih tinggi, maka hadapilah dan ubahlah menjadi kekuatan untuk sukses anda. Tanpa masalah anda tak layak masuk jalur keberhasilan. Bahkan hidup ini pun masalah, karena itu terimalah sebagai hadiah,” tambahnya

Salah satu tantangan dalam organisasi adalah adanya perilaku kepemimpinan yang inkonsisten. Oleh karena itu, menjadi seorang pemimpin harus mampu memiliki keluwesan, kesediaan menerima  tanggung jawab,  keterampilan sosial dan kesadaran akan dirinya sendiri maupun lingkungan.

Reporter: Amrina Rosyada

Editor: Fiya Faridatul A

Tinggalkan Balasan