Pembukaan Kegiatan Pasca-Liburan (Pascalib) Tahun 2021 : Optimalisasi Peran Santri Terhadap Inovasi Digital

Pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang, Abah KH Imam Taufiq saat menyampaikan mauidzoh khasanah

Be-songo.or.idPondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang mengadakan acara pembukaan kegiatan pasca-liburan (Pascalib) pada (31/01/2021). Acara ini bertempat di C13 yang merupakan ndalem dari abah KH Imam Taufiq. Karena alasan pandemi, acara ini dilaksanakan secara semi daring. Hanya sebagian santri yang mengikuti acara di tempat langsung.

Kegiatan Pasca liburan tahun ini mengambil tema “Optimalisasi Peran Santri Terhadap Inovasi Digital”. Acara dimulai pukul 20.00 WIB dan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Alunan Sholawat dari grup rebana El falah mengawali kegiatan tersebut. Meski dengan keadaan memakai masker, seisi ruangan ikut hidmat mendengarkan lantunan sholawat.

Selanjutnya, sambutan dari Mafriha Azida, santriwati selaku ketua panitia yang ikut menyukseskan berjalanya acara tersebut. Ia menyatakan bahwa meski kegiatan Pascalib tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, hal tersebut tidak mengurangi makna dari kegiatan Pascalib itu sendiri. Tak lupa pula Umar kustiadi, selaku Lurah pondok menyampaikan terima kasih atas kesediaan panitia menyukseskan kegiatan tersebut.

Mauidzoh Khasanah dari abah KH Imam Taufiq juga ikut memeriahkan acara tersebut. Beliau menyampaikan bahwa santri harus ikut berperan aktif di era digital ini. Menurut beliau, ada beberapa aspek penting yang harus dimiliki oleh para santri tehadap era digital, yaitu :

  1. Semangat menuntut ilmu (ngaji) yang tinggi
  2. Kemampuan menjalin relasi atau connectivity
  3. Digital Skill (Kemampuan Digital)
  4. Writing and Publishing (menulis dan mempublikasikan)

Beliau juga mengatakan, karakter atau ciri khas pondok pesantren harus selalu dikuatkan dan ditambah dengan ditambah dengan ilmu-ilmu baru. “Mondok itu intinya adalah tafaqquh fiddin, disamping menghasilkan santri yang berakhlakul karimah, intinya adalah tafaqquh fiddin. Dan nanti dapat berguna dimasyarakat” ungkap pengasuh pondok Besongo tersebut.

Baca juga :  Besongo Adakan Pelatihan Guna Pencarian Bibit Designer

Doa penutup yang dibacakan oleh pengasuh mengakhiri acara pembukaan kegiatan Pascalib tersebut.

Reporter : Azkiya Tsany

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *