Berita

PSB

Adakan TOS 2024, Santri Baru dibekali Materi Kepesantrenan

Ahad (04/02/2024) dalam rangka Ta’aruf Orientasi Santri (TOS) 2024, panitia mengadakan seminar materi kepesantrenan yang disampaikan oleh Muhammad Aufa Taqiyuddin santri Dafa semester 8 dan demisioner lurah Ponpes Dafa 2023.

Dalam kesempatannya ia memberikan materi kepesantrenan yang berisi sejarah pesantren, ruang lingkup pesantren, kategori-kategori pesantren, dan alasan kenapa para kyai mendirikan pesantren,

M.Aufa Taqiyuddin Menjelaskan, Alasan Pesantren didirikan tidak lain dengan tujuan untuk belajar serta membentuk kepribadian seeorang santri

Demisioner lurah ini  menyampaikan materi dengan menarik dan informatif sehingga para santri antusias mengikuti acara tersebut, beliau juga memberi pesan kepada satri baru bahwasannya pondok pesantren zaman sekarang harus menjadi wadah pembelajaran agama dan mengajarkan ilmu-ilmu modern.

“Di zaman sekarang pondok pesantren harus mengikuti zaman tidak bisa seperti dahulu yang hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama saja”, ujar Aufa.

Di dalam acara tersebut para santri sangat antusias mengikuti rangkaian acara tersebut. Menurut salah satu santri baru, dia banyak menerima informasi baru tentang kepesantrenan, sekaligus penyampaian materi yang tidak membosankan.

“Materinya sangat lengkap dan informatif, saya banyak mendapatkan informasi baru dari acara ini dan penyampayan materinya tidak membosankan,” ujar santri baru tersebut.

Pemateri juga memberikan kesempatan bagi para santri untuk memberikan ulasan atau rangkuman materi yang telah disampaikan. Kegiatan tersebut sangat baik untuk para santri agar mereka benar-benar paham materi yang disampaikan.

Oleh : Farhan Nurmaula ( Santri Ponpes Darul Falah Besongo dan Mahasiswa UIN Walisongo Semarang)

Editor: Sholahuddin