Berita

PSB

Bentuk Kepedulian Terhadap Sesama, Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Adakan Bakti Sosial di Panti Asuhan

Pondok Pesantren Darul Falah Besongo yang terletak di Komplek Perumahan Bank Niaga adakan Bakti Sosial di Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Darul Huda Mijen, Semarang, Ahad (28/01/2024).

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari Ponpes Darul Falah Besongo untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama serta ajang berbagi dan ladang amal untuk para donatur. Dengan membawa tema “Tebarkan Kebahagiaan, Ciptakan Kebersamaan, Berbagi Untuk Masa Depan”, Bakti Sosial kali ini diadakan di Panti Asuhan Darul Huda Mijen.

Barang yang didonasikan berupa pakaian layak pakai dan sejumlah sembako yang diberikan kepada pihak Yayasan Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Darul Huda Mijen yang dihuni oleh 38 santri.

Ketua Panitia, Maulidatus Tsaniyah Annafi’ah mengatakan, semoga dengan adanya acara ini bisa membawa kemanfaatan bagi seluruh santri Panti Asuhan Darul Huda.

“Semoga semua yang disampaikan bisa bermanfaat bagi seluruh Santri serta diberikan Pengetahuan yang luas, kemudahan dalam menuntut ilmu dan menggapai cita-cita, serta bisa menjadi insan yang bermanfaat bagi keluarga, agama, dan negara,” kata Maul.

Pengasuh Panti Asuhan Darul Huda Mijen, Ahmad Khoirudin menyambut kunjungan ini dengan senang hati dan berterimakasih telah berkunjung ke Panti Asuhan Darul Huda Mijen.

“Mari anak-anak kita saling menyukseskan acara ini, kita ambil kemanfaatannya dengan niat rasa cinta serta sungguh-sungguh maka Insya Allah ilmu-nya akan menjadi berbobot,” ucap Ahmad Khoirudin.

Ustaz Muhammad Faiq Azmi menjelaskan bahwa sebagai seorang penuntut ilmu kita harus senantiasa memiliki semangat dan harapan sehingga kita bisa menuju kepada cita-cita kita.

“Kalian yang masih muda harus menjaga semangatnya agar tidak kendor, saya harap teman-teman selalu menjaga semangat dan mempunyai harapan karena ketika kita punya suatu harapan maka itu bisa menjadi pemicu untuk menuju cita-cita kita,” terangnya.

“Saat kita merasa malas di kelas, coba untuk diingat cita-citanya agar kita punya semangat bahwa ada cita-cita yang harus dikejar,” sambung Ustaz Faiq.

Keceriaan terpancar dari wajah anak-anak saat sesi Motivasi Pendidikan yang dilanjutkan dengan Ice Breaking dan Lomba Cerdas Cermat yang dimeriahkan oleh seluruh panitia. Setelah istirahat untuk Salat Zuhur Berjamaah serta makan bersama acara dilanjutkan dengan pembelajaran keterampilan manik-manik yang didampingi oleh Rizka, kemudian Mauidhoh yang disampaikan oleh Ustaz Bahar.

Acara ini ditutup dengan doa yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dan kenang-kenangan secara simbolis oleh Ustaz Amir Yusuf. Setelah itu para santri panti asuhan dan seluruh panitia saling ber-mushofahah sebagai bentuk silaturahmi dan tanda selesainya acara.

Oleh: Ahmad Uwes Alqoroni (Santri Ponpes Darul Falah Besongo dan Mahasiswa UIN Walisongo Semarang)

Editor: Sholahuddin