Pascalib 2022: Santri Produktif Dengan Desain Grafis

Pascalib 2022: Santri Produktif Dengan Desain Grafis

Anang Ma’ruf saat sampaikan materi tentang desain grafis (foto/besongo online)

be-songo.or.id – Semarang, Rangkaian acara pascalib kali ini selain santri mendapat materi dari narasumber, juga mempraktikkan desain grafis dengan tenang. Pelaksanaan desain yang berlansung pada Sabtu (12/2/2022) diikuti oleh santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Darul Falah Besongo secara opsional. Acara tersebut diisi oleh narasumber Anang Ma’ruf.

Pelatihan ini dimulai pada pukul 13.00-14.30 WIB yang mana perwakilan dari santri diharap membawa laptop dan meng-install aplikasi Corelldraw X7. Narasumber menyampaikan elemen dasar dari desain grafis itu sendiri.

Mas Anang menyebutkan Prinsip Desain Grafis, yakni:

  1. Balance (Keseimbangan)
  2. Dominane dan Priority
  3. Proporsi sebagai skala perbandingan
  4. Kontras
  5. Ritme
  6. Harmoni dan Kesatuan

“Belajar itu paling enak langsung praktik. Dan kali ini kita akan membuat desain grafis berupa quotes (kutipan),” ungkap Anang.

Dengan menggunakan software Coreldraw, narasumber memberikan contoh yang terlihat dilayar dan diikuti oleh peserta yang hadir. Di mana hal tersebut membuat suasana menjadi hidup dan lebih interaktif.

Narasumber menyebutkan langkah-langkah dalam membuat desain grafis dengan diikuti santri. Mulai dari pembuatan sebuah kotak, lingkaran, memberikan warna dan memberikan gambar pada desain grafis tersebut.

Anang mengajarkan dari cara yang sulit sampai cara yang mudah. Dalam pemberian background kita harus pintar dalam memilih warna, karena setiap warna memilki nilai dan kombinasi tersendiri apabila disatukan.

“Jangan sampai kita menghalangi pesan dari kutipan tersebut dikarenakan background yang kecerahan ataupun kegelapan warnanya,” tuturnya.

Dan Mas Anang memberikan pesan bahwa “Berkarya dimanapun tidak terhalang oleh gadget,” begitu jawaban dari beliau ketika ada santiwan bertanya tentang laptop yang bagus dalam desain grafis.

Reporter: Litajzia Jaza’anil Husna

Editor: Imam Mawardi

Tinggalkan Balasan