TOS 2022: Kenalkan Ekstrakulikuler Pesantren Melalui Besongo Expo

TOS 2022: Kenalkan Ekstrakulikuler Pesantren Melalui Besongo Expo

Besongo online dan besongo.tv saat memperkenalkan diri dan produknya

Selain mengisi waktu dengan kesibukan perkuliahan dan mengaji, Pondok Pesantren Darul Falah Besongo terhitung memiliki 6 ekstrakurikuler Pesantren. Besongo Expo masuk menjadi serangkaian acara TOS 2022 untuk mengenalkan kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh santri baru.

Di antara enam ekstrakurikuler Pesantren Besongo yaitu Besongo Online (Redaksi Al-Qalam), Besongo.tv, Besongo.merch, Rebana el Falah, Paduan Suara, dan Binawa.mart. Dari perwakilan anggota ke 6 ekstrakurikuler itu maju ke atas panggung untuk memperkenalkan dan menampilkan apa kegiatan yang akan di laksanakan di setiap ekstrakurikuler itu sendiri.

Besongo Online sendiri merupakan ekstrakurikuler yang bergerak di bidang jurnalistik dan kepenulisan. Yang tujuannya sendiri agar anak muda tidak hanya belajar agama saja, tetapi juga harus cakap berliterasi di ruang maya. Untuk menunjang hal tersebut, Besongo Online sendiri sudah mempunyai aplikasi yang bisa diunduh dan di akses oleh santri Besongo melalui play store.

Dilanjutkan dengan penampilan kedua, yaitu ekstrakurikuler dari Besongo.tv. Ekstrakurikuler ini berfokus di bidang multimedia yang mengajak para santri belajar desain grafis, fotografi, dan videografi.

Kemudian penampilan ketiga, dari ekstrakurikuler Besongo.merch. Besongo merch sendiri merupakan ekstrakurikuler yang melakukan proses pembuatan merchandise Besongo, berupa kaos maupun akrilik. Proses pembuatannya dari pembuatan desain, eksekusi (penyablonan) hingga penjualan.

“Besongo merch juga melatih adik adik kelas 1-3 untuk belajar menyablon, dan dari besongo.merch sendiri sudah lumayan banyak membuat kaos-kaos dengan desain dari kami sendiri,” lengkap Bahar, Pengelola Besongo.merch

Dilanjutkan dengan ekstrakurikuler rebana El Falah. Yang merupakan ekstrakurikuler rebana dengan musik al banjari dan al habsyi. El Falah juga kerap menorehkan prestasi di Lomba Festival al Banjari.

Kemudian dilanjutkan penampilan ke lima yaitu ekstrakurikuler paduan suara. Dijelaskan bahwa ekstrakurikuler ini bergerak di bidang olah vokal. Dan menurut perwakilan anggota dari paduan suara ini bahwa paduan suara besongo ini selalu berkontribusi dalam acara acara yang di laksanakan di Pondok.

Terakhir, Binawa.mart. Dijelaskan bahwa Binawa.mart yang berlokasi di Asrama B9 merupakan wadah santri untuk belajar berwirausaha hingga menjual usahanya sendiri.

Lewat wadah sosial di lingkungan pesantren ini, para santri dapat mengembangkan minat dan bakat serta menghasilkan keseimbangan antara ilmu pengetahuan, ilmu agama, keterampilan, sikap, serta perilaku yang baik sehingga nantinya dapat berguna lewat karya dalam masyarakat.

Reporter : Lena Widia Astuti
Editor: Imam Mawardi

Tinggalkan Balasan